Jumat, 19 Oktober 2012

Langkah-langkah membuat kartu nama


  1. Buka aplikasi CorelDraw dan pilih new blank document
  2. Lihat di property bar, atur kertas menjadi A4, ubah units menjadi centimeter
  3. Klik file, pilih import dan cari di komputer anda sebuah gambar untuk background. Double klik di salah satu gambar. Lalu klik di lembar kerja dan atur ukuran gambar menjadi lebar 9 cm dan tinggi 5,5 cm. Silahkan di zoom jika terlalu kecil.


  4.  Klik text tool dan ubah jenis font menjadi arial black. Lalu buat tulisan seperti gambar di bawah ini dengan ukuran berbeda-beda.


  5. Aktifkan tulisan, tekan F12 pada keyboard. Jika keluar kotak dialog outline, ganti color menjadi putih, ubah width jadi 0,75mm dan beri ceklis pada kotak behind fill. Ok.


  6. Klik text tool, ubah jenis font menjadi arial. Buat tulisan seperti gambar di bawah ini dan isi dengan biodata anda masing-masing. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada teks seperti langkah 5.


  7.  Klik rectangle tool, buat persegi panjang dengan ukuran lebar 2 cm dan tinggi 3 cm.


  8. Silahkan import foto anda ke dalam persegi panjang.
  9.  Selanjutnya buat untuk bagian belakang. Klik background, tekan ALT+F7, jika keluar docker transformation beri ceklis pada kotak sebelah kanan bagian tengah, klik apply to duplicate.


  10. Klik text tool, ubah jenis tulisan menjadi Curlz MT dan ukuran tulisan bisa disesuaikan. Ketikkan tulisan “Student Card”. Lalu beri warna dengan menekan F11 di keyboard, ubah type menjadi square, klik custom di color blend, dan pilih empat warna di kotak warna bawah misalnya kuning, pink, hijau dan orange.




  11. Untuk memperjelas tulisan dan memberi seni, klik dan drag tulisan ke samping kanan, lalu klik kanan, pilih warna hitam, tekan CTRL + PGDN di keyboard sampai warna hitam berada di belakang tulisan warna.


  12. Klik text tool, ubah jenis huruf menjadi arial, jenis huruf menjadi 8 dan ketikkan tulisan tempat, tanggal,ttd, nama dan NIP kepala sekolah seperti gambar di bawah ini :


  13. Maka jadilah sebuah kartu identitas. Selamat berkreasi sesuai seni anda masing-masing




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar